Minggu, 06 November 2011

Sebuah Jurusan dari Sebuah Institut : Sistem Informasi ITS

Mungkin hampir semua orang pernah mendengar tentang jurusan teknik informatika, dan sudah mengerti definisinya. Tapi bagaimana halnya dengan sistem informasi?

Ya, rata-rata orang hanya mengetahui bahwa sistem informasi merupakan ilmu turunan dari teknik informatika, sehingga lebih sering menganalogikan kalau ilmu yang dipelajari sama dengan teknik informatika.

Kenyataannya tidak, ilmu yang dipelajari memiliki perbedaan yang cukup besar. Perbedaan paling besar terlihat pada pemanfaatan IT di jurusan sistem informasi yang lebih mengacu ke arah manajemen, bukan untuk pemprograman semata.

Kemudian bila kita melihat ke lingkup yang lebih kecil lagi, apakah jurusan sistem informasi di universitas manapun sama? Kembali lagi jawabannya tidak, karena lebih mengacu ke kebijakan departemen masing-masing. Pada post kali ini saya akan mengulas lebih jauh mengenai jurusan sistem informasi di salah satu kampus ternama di Indonesia, ITS.

Jurusan sistem informasi ITS merupakan jurusan sistem informasi pertama yang ada di Indonesia. Didirikan pada tahun 2001, jurusan sistem informasi ITS meraih akreditasi A dalam waktu singkat, sekitar 2-3 tahun semenjak tahun pendiriannya.

Mata kuliah yang diberikan sebetulnya tidak jauh berbeda dengan yang lain, namun pengimplementasiannya yang menunjukkan perbedaan yang signifikan. Contohnya terlihat pada mata kuliah KI, Ketrampilan Interpersonal. Pada mata kuliah ini diajarkan cara-cara mengoptimalkan kemampuan interpersonal pada individu masing-masing, tetapi dengan cara unik, yaitu melakukan permainan-permainan yang menunjang soft skill kita. Awalnya dampak dari permainan tersebut tidak terlalu terlihat, namun kedepannya akan terasa manfaatnya. Contoh paling kecilnya adalah kemampuan berbicara di depan orang-orang. Apabila pada awalnya kita masih malu-malu, dengan mengikuti permainan-permainan tersebut dan juga berperan aktif, maka kita semakin lama akan menjadi berani untuk maju ke depan.


Selain KI, salah satu mata kuliah yang cara pemberiannya unik adalah Sistem Fungsional Bisnis, atau sering disingkat SFB. Pada mata kuliah ini para mahasiswa dituntut agar mengerti bisnis secara umum dan juga dalam pengimplementasiannya di dunia nyata. Selain itu, setiap tahun para mahasiswa diharuskan membuat suatu business plan, merancangnya, membuat inovasi, dan kemudian langsung terjun ke pasar untuk menjual produknya sendiri. Cukup unik bukan?

Tidak hanya dalam hal akademis, fasilitas-fasilitas penunjang yang ada di jurusan Sistem Informasi ITS juga sangat baik. Baik berupa penunjang di dalam kelas maupun di luar kelas. Yang unik adalah adanya panggung di bagian halaman plaza SI. Panggung tersebut dimaksudkan untuk permainan-permainan yang dilakukan selama mata kuliah KI. 

Itulah beberapa hal yang membedakan jurusan SI ITS dengan jurusan SI di universitas lain. Selain yang disebutkan, masih banyak lagi hal-hal yang membedakan dan juga membuat SI ITS unik. Tertarikkah?

Sumber film : facebook.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar