Jumat, 15 Juni 2012

Sistem Fungsional Bisnis 2

Mata kuliah SFB 2, yang merupakan singkatan dari sistem fungsional bisnis 2, merupakan salah satu kuliah yang didapat pada semester genap, dan wajib diambil oleh mahasiswa semester 2. Mata kuliah ini berbeda dengan mata kuliah SFB 1, SFB 2 lebih memfokuskan kepada akuntansi. Materi-materi yang diajarkan pada kuliah ini antara lain adalah penganggaran, nilai waktu uang, dan akuntasnsi secara umum. 

Awalnya saya mengikuti kuliah ini saya merasa sedikit tidak terlalu tertarik, karena saya memang tidak terlalu berminat dengan akuntansi atau semacamnya. Tetapi setelah saya mengikuti kuliah ini, pandangan saya berbeda karena kuliah ini cukup mengasyikkan. Cara ibu Raras memberikan materi membuat kita menjadi lebih mudah mengerti setiap materinya dan juga tugas-tugas yang diberikan justru membuat kita bisa mengingat materi yang diberikan lebih mudah.
bu raras, maaf ya bu fotonya saya copy ksini :D

Salah satu bagian yang membuat saya kagum dengan bu Raras adalah sistem kuis yang dia berikan. Rata-rata dosen hanya memberikan kuis seperti tes biasa, dimana para mahasiswa cukup mengerjakan soal yang diberikan. Tetapi sistem yang diberikan oleh bu Raras sangatlah berbeda. Kita melakukan simulasi yang mirip dengan reality show 'Amazing Race'. Setiap kelompok harus pergi ke tiap pos yang ada untuk mendapatkan soal-soal yang berhubungan dengan mata kuliah SFB 2. Contoh soal yang didapat juga mengasyikkan, sama sekali tidak membuat bosan. Apabila kita berhasil menjawab pertanyaan yang ada, maka kita akan mendapatkan tanda bahwa kita berhasil menjawab pertanyaan dengan benar. Dan alhamdulillah, kelompok saya mendapatkan nilai sempurna :D hehehehe.


Selain itu, ternyata di SFB 2 kita juga mendapatkan sistem informasi akuntansi, yaitu Accurate. Kita belajar bagaimana cara untuk menggunakan Accurate secara optimal sehingga kedepannya kita bisa memasukkan segala jenis transaksi yang dilakukan oleh suatu perusahaan ke dalam software tersebut. Software ini sendiri sangat membantu proses keuangan dalam suatu perusahaan, karena selain bisa mencatat, juga bisaa berguna untuk pembuatan laporan keuangan.

Selama mengikuti kuliah SFB 2 ini, saya merasa banyak ilmu yang saya dapat yang berhubungan dengan akuntansi. Biarpun masih banyak kompetensi yang belum benar-benar saya mengerti, tetapi saya merasa bahwa mata kuliah ini akan sangat berguna untuk masa depan saya. Yang saya rasakan adalah kenyamanan saat kuliah ini, sehingga saya cukup mudah dalam menyerap kompetensi yang diberikan.

Saran saya untuk dosen kami tercinta yaitu bu Raras :D kayaknya ngga ada bu hahaha, cara mengajarnya udah enk banget bu, beneran deh hehe. Makasih ya bu udah mau memaklumi kami yang sangat sering ribut dalam proses kuliah ya bu, tapi kami bisa menyerap kompetensinya kok bu hehehe. Sedangkan untuk asprak, mungkin saran saya lebih ke arah waktu praktikumnya, gimana kalau praktikumnya di pertengahan aja?kalau di akhir banyak sekali tugas-tugas karena mendekati final project, jadi lebih baik di awal atau di tengah aja :D

Sekian dari saya, terima kasih hehehe :D

Senin, 16 Januari 2012

Kumpulan Video Ketrampilan Interpersonal


Pada postingan kali ini, saya akan memasukkan mengenai video-video hasil dari tugas akhir saya. Ada 4 buah video yang akan saya upload. Pertama adalah video dimana saya melakukakan stand up comedy saat kuliah KI sedang berlangsung. Yang kedua, saat saya sedang melakukan presentasi, mengenai mata kuliah Ketrampilan Interpersonal. Di dalam video tersebut saya menjelaskan tentang apa makna dari kuliah ini, dan juga yang kita lakukan selama proses kuliah ini. Pada video ketiga ada komen dari orang yang mendengarkan presentasi saya, mengenai mata kuliah Ketrampilan Interpersonal ini. Sedangkan pada video terakhir, saya mempostkan mengenai presentasi dari tugas akhir kelompok saya, kelompok kucing, saat kami pergi ke Jembatan Merah, dan melakukan berbagai kegiatan disana. Sekian dari saya, semoga anda semua bisa menikmati video yang saya post ini :D

Video pertama, stand up comedy :

video

Video kedua & ketiga :

video

video


video


Video keempat :


video


Minggu, 18 Desember 2011

Jika Aku Menjadi Presiden


Presiden, siapa yang tidak mengenal kata ini? Presiden merupakan jabatan tertinggi di dalam suatu negara yang menganut sistem pemerintahan republik. Presiden memiliki kekuasaan tertinggi sehingga ia bisa memerintahkan segala hal yang ada di dalam negara tersebut, tentu saja sesuai dengan amanah yang diberikan kepadanya.
google.com
Pernah terpikir dalam diri saya yang masih labil ini, apakah yang akan saya lakukan apabila saya menjadi presiden. Terdengar aneh awalnya, dan kelihatannya akan merusak negara ini, tapi tidak ada salahnya bermimpi kan? Sekalipun mimpi tersebut terlalu kacau.

Mungkin yang pertama akan saya lakukan adalah merubah sistem yang sudah ada di negara ini. Misalkan saja budaya-budaya buruk yang sudah menjadi kebiasaan yang justru membunuh karakter bangsa ini. Bisa kita lihat dari perilaku membuang sampah sembarangan, budaya antri yang amburadul, sampai kepedulian kita sesama yang masih kurang. Mungkin bila saya menjadi presiden itulah yang pertama kali akan saya ubah karena itu menjadi dasar dari langkah-langkah lain yang ingin saya wujudkan. Tetapi jujur saja saya belum pernah terpikir bagaimana cara yang baik untuk mewujudkannya.
google.com
Kemudian langkah kedua yang akan saya ambil adalah, saya akan membuat lebih banyak lapangan pekerjaan di Indonesia. Sehingga pengangguran bisa ditekan dan juga membuat banyak pebisnis-pebisnis dari Indonesia yang akan mengangkat nama Indonesia. Masih banyak lagi masalah di Indonesia yang akan saya selesaikan. Misalkan saja banyak sekali potensi-potensi sumber daya yang diambil oleh asing. Itu salah satu yang harus kita rebut kembali, sehingga menjadi sumber pemasukkan bagi kita.

Tidak lupa juga masalah dari dalam negeri kita sendiri, yaitu para koruptor. Koruptor-koruptor tersebut haruslah kita singkirkan, mulai dari orang-orangnya hingga perilakunya. Penanaman sifat anti korupsi sejak dini harus dilakukan.

Sekian beberapa hal yang mungkin akan saya lakukan apabila saya menjadi presiden. Terima kasih :D .

Sabtu, 17 Desember 2011

Milan Melibas Siena


Milan kembali mengukuhkan dominasinya di lanjutan laga Serie A. Melawan Siena pada Minggu (18/12) dini hari waktu Indonesia, Milan mengalahkan Siena dengan skor 2-0.

Dengan menurunkan sejumlah pemain lapis kedua, Milan bermain dengan permainan mendominasi sejak babak pertama. Serangan demi serangan dilancarkan. Namun justru ancaman pertama datang dari Siena. Adalah Reginaldo yang membuat ancaman ke barisan pertahanan Milan dengan tendangannya dari luar kotak penalti, setelah melewati tiga pemain Milan. Tidak lama setelah itu Ibrahimovic menciptakan peluang. Bola hasil crossing Seedorf mengenai bek Siena, dan langsung dishoot volley oleh Ibrahimovic, tetapi masih jauh diatas gawang. Babak pertama berakhir dengan skor kacamata, 0-0.
acmilan.com
Babak kedua dimulai, Milan tetap memegang kendali permainan. Pertahan Siena akhirnya bobol pada menit ke 56 berkat gol dari Antonio Nocerino. Memanfaatkan umpan datar dari Robinho, Nocerino menceploskan bola dengan tendangan keras ke sudut kanan gawang. Milan memimpin 1-0.
acmilan.com
Keunggulan tersebut membuat mental Milan semakin naik sehingga penyerangan semakin berbahaya. Kondisi ini membuat Siena mau tidak mau bermain keras untuk menjaga pertahanannya. Tekanan yang sangat keras menyebabkan kiper Siena menjegal Boateng di kotak pinalti sehingga memberikan pinalti untuk Milan pada menit ke 62. Ibrahimovic mengeksekusi dengan sangat baik dan menambah keunggulan bagi Milan.

Pertandingan berlanjut dengan tempo yang lebih lambat, beberapa pergantian pemain dilakukan oleh Milan, seperti Seedorf yang diganti Aquilani dan Robinho yang digantikan Pato. Serangan dari kedua tim tidak terlalu memberikan ancaman yang berarti. Skor bertahan 2-0 hingga pertandingan selesai.

Jumat, 16 Desember 2011

Sejarah&Xenology, Sebuah Subforum di Kaskus

Seperti biasa di kala senggang saya menyempatkan diri untuk membuka website yang sudah terkenal, yaitu kaskus.us. Karena bingung dengan apa yang saya lakukan, saya mengubek-ngubek tiap bagian kategori yang ada di web tersebut, siapa sangka saya menemukan suatu subforum yang menurut saya sangatlah berguna.
sumber foto : kaskus.us
Adalah subforum sejarah dan xenology yang saya temukan secara tidak sengaja. Kemudian saya membaca tiap thread yang ada di subforum tersebut. Ternyata banyak sekali thread yang bisa menambah wawasan kita. Misalkan saja saya menemukan ada thread yang berisi mengenai kerusuhan-kerusuhan sipil di Indonesia. Banyak sekali kejadian-kejadian yang tidak saya ketahui yang ada di dalam thread ini.  Selain itu di subforum ini juga ada keanehan-keanehan yang terjadi di dunia, misalkan saja UFO ataupun artifak-artifak yang mengandung unsur misterius di dalamnya.
sumber foto : kaskus.us
Yang unik dari subforum ini adalah sumber yang digunakan tidak hanya dari berita-berita, namun juga dari analisa para pengguna forum kaskus. Memang tidak pasti bisa dibuktikan kebenarannya, tetapi setidaknya itu bisa membuat cara pandang kita terhadap suatu hal menjadi lebih luas. Banyak hal-hal yang menurut persepsi kita terjadi seperti ini, tapi kenyataannya ternyata tidak. Bisa dibilang subforum ini sangatlah recommended, khususnya bagi anda yang ingin mencari tahu tentang berbagai hal-hal misterius yang ada di dunia ini. Jika anda penasaran, cukup kunjungi http://www.kaskus.us/forumdisplay.php?f=246&order=desc . Selamat mencari pengetahuan!!

Kuliah Tamu Character Building

Awalnya saya cukup bingung dengan  materi yang akan saya dapatkan. Saya sering mendapat seminar mengenai Character Building, tetapi kabarnya yang satu ini berbeda. Ya, ternyata setelah saya mengikutinya saya mengerti kenapa yang ini dikatakan berbeda dengan yang lain.
google.com

Adalah Aurelia Agatha yang menjadi pemberi kuliah tamu yang dilangsungkan pada tanggal 16 Desember kemarin. Pada kuliah tamu tersebut kami diharuskan berdandan seperti pekerja kantoran, sehingga kami tidak terkejut saat melihat ada yang memakai jas, dasi, maupun memakai sepatu pantofel. Kelihatannya sangat formal sehingga terkadang kami menertawakan teman kami, padahal kami sendiri juga menggunakan pakaian seperti itu.

Pada materi tersebut, kami mendapatakan pengetahuan mengenai cara-cara berpakaian yang baik, maupun etika dalam hal-hal kecil yang kita lakukan sehari-hari, misalkan membuka pintu maupun cara berjalan. Ternyata banyak sekali hal-hal kecil yang harus kita lakukan secara benar, sehingga tidak membuat diri kita terlihat buruk di depan orang.

Sekalipun banyak yang bilang kalau kita tidak boleh menghakimi orang berdasarkan penampilannya, namun kenyataannya penampilanlah yang menjadi tolak ukur pertama orang-orang yang melihat kita, karena itulah pengetahuan untuk penampilan sangatlah penting, banyak sekali yang harus kita pelajari dan lakukan dalam kehidupan sehari-hari. Materi kuliah ini sangat berguna menurut saya, karena bisa mengubah pendapat orang lain saat melihat kita pertama kali.

LKMM Pra TD IV FTIf

Pada hari Sabtu (10/12), para mahasiswa baru fakultas FTIF ITS Surabaya mendapatkan suatu pelatihan kepemimpinan yang dinamakan LKMM Pra TD IV. Pada LKMM tahun ini temanya adalah patriot, yang merupakan singakatan dari prestatif, aktif, tanggap, kritis, visioner, dan tanggung jawab. Selama total 3 hari, kami mendapat pelatihan berupa materi-materi dan simulasi total yang bertujuan meningkatkan soft skill kami.
google.com
Dalam acara ini para maba (mahasiswa baru) dipecah menjadi 13 kelas, dan dibagi ke dua lokasi, 6 kelas di gedung jurusan Sistem Informasi, 7 kelas di gedung jurusan Teknik Informatika. Sebetulnya acara ini dimulai pada tanggal 26 November, tetapi karena ada kendala pada hari itu acara hanya dilaksanakan selama setengah hari. Acara yang berlangsung adalah games-games dan simulasi total untuk mengetes kemampuan kami sebelum mendapatkan materi-materi. Kemudian pada tanggal 10 Desember kami mulai mendapatkan materi-materi dari para pemandu.

Menurut saya materi yang diberikan memang meningkatkan soft skill kami, namun secara tidak langsung keaktifan kami juga diuji. Hampir setiap saat pemandu tidak menjelaskan materi tersebut secara banyak, justru kamilah yang menelaah sendiri makna dari materi tersebut. Hal ini sangatlah baik karena bisa meningkatkan keaktifan kami dan juga membuat kami lebih mengerti tentang makna dari materi tersebut. Cara pemandu menarik kami agar lebih aktif juga beragam, dan semuanya sangat bagus.
google.com

Selain itu, acara ini juga membuat kami lebih dekat dengan tetangga kami, baik yang dari jurusan Sistem Informasi maupun yang dari jurusan Teknik Informatika. Tidak ada namanya arogansi jurusan, yang ada hanyalah kami merupakan satu fakultas, yaitu FTIf. Yel-yel maupun simulasi total membuat kami lebih dekat dengan yang lain.

Secara keseluruhan menurut saya acara ini sangatlah baik, karena meningkatkan kemampuan para peserta maupun pemandunya. Selain itu juga membuat kami lebih menyatu sebagai satu fakultas, sehingga tidak ada dinding pembeda di antara kami.