Sabtu, 26 November 2011

Hanoi Tower

Hanoi Tower merupakan suatu permainan yang mengandalkan logika berpikir untuk menyelesaikannya. Sekilas apabila kita melihatnya, kita akan berpikir kalau ini hanyalah permainan anak kecil ataupun anak TK, namun ternyata di balik semuanya terdapat suatu kompleksitas di dalam permainan ini.Ya, Hanoi Tower memiliki tingkat kompleksitas yang cukup tinggi, tergantung dari jumlah keping yang digunakannya.
google.com
Peraturan dari permainan ini sebenarnya cukup mudah. Kita harus memindahkan seluruh keping dengan urutan yang sama ke tiang paling ujung dari tiang sebelumnya. Namun  dalam proses pemindahannya, kita tidak boleh meletakkan keping yang lebih kecil di bawah keping yang lebih besar. Aturan yang terlihat simpel ini sesungguhnya tidak memudahkan proses pemindahannya, karena membutuhkan perencanaan yang sistematis agar semua keping berpindah ke tiang selanjutnya.

Permainan ini sendiri memiliki banyak tipe, tergantung dari jumlah keping yang digunakan. Tingkat kompleksitas dari permainan adalah 2^n - 1, dimana n merupakan jumlah keping yang digunakan. Misalkan kita menggunakan 4 buah keping, berarti penyelesaiannya membutuhkan 15 langkah. Sekilas terlihat mudah namun permainan ini menggunakan algoritma yang cukup sistematis. Permainan ini biasanya diajarkan sebagai dasar dari pelajaran algoritma maupun pemrograman.   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar