Minggu, 04 Desember 2011

Pelayanan Kereta Api Saat Ini

Pada hari Jumat kemarin, kebetulan saya memakai jasa kereta api untuk berpulang kampung menuju rumah keluarga saya. Sebetulnya ini bukan kali pertama saya naik kereta api, tetapi saya baru sadar mengenai sesuatu yang ada pada pelayanan kereta api yang saya tumpangi ini.

Pelayanan yang ada pada kereta api yang saya tumpangi sebenarnya sama saja dengan kereta api yang lain. Kebetulan saya naik kereta Argo Anggrek. Dari sisi fasilitas semuanya terbilang memuaskan, mulai dari kursinya yang cukup empuk, selimut yang dibagikan saat menjelang jam tidur, sampai pendingin ruangan yang bisa dibilang sangat dingin temperaturnya.
sumber foto : google.com
Yang saya sayangkan adalah pelayanan pada makanan. Memang saya tahu bahwa makanan di kereta api tidaklah gratis. Namun cara penyampaiannya para petugasnya yang kurang baik. Mereka hanya menawarkan makanan dan minuman tanpa memberi tahu kepada para penumpang bahwa pada akhirnya mereka harus membayar makanan dan minuman tersebut. Alhasil cukup banyak penumpang, khususnya yang baru pertama kali naik kereta api, yang kaget saat ditagih pembayaran makanan dan minuman tersebut. Salah satunya merupakan orang yang duduk di samping saya. Biaya yang harus dibayar juga tidak sedikit karena harga makanan dan minuman tersebut tergolong mahal.

Menurut saya, seharusnya petugas lebih mensosialisasikan harga-harga tersebut, dan juga member tahu kepada mereka bahwa pada akhirnya mereka harus membayar. Sehingga tidak ada penumpang yang kaget nantinya. Ini dimaksudkan agar tidak ada penumpang yang merasa dirugikan karena hal tersebut. Semoga kedepannya PT. KAI bisa lebih berbenah agar lebih maju lagi.

1 komentar:

  1. terutama yg nawarin minuman tuh, biasanyakan minum mah gratis, eh ga taunya bayar ==a
    selimutnya juga di beberapa kereta harus bayar min ckckck

    BalasHapus