Jumat, 16 Desember 2011

LKMM Pra TD IV FTIf

Pada hari Sabtu (10/12), para mahasiswa baru fakultas FTIF ITS Surabaya mendapatkan suatu pelatihan kepemimpinan yang dinamakan LKMM Pra TD IV. Pada LKMM tahun ini temanya adalah patriot, yang merupakan singakatan dari prestatif, aktif, tanggap, kritis, visioner, dan tanggung jawab. Selama total 3 hari, kami mendapat pelatihan berupa materi-materi dan simulasi total yang bertujuan meningkatkan soft skill kami.
google.com
Dalam acara ini para maba (mahasiswa baru) dipecah menjadi 13 kelas, dan dibagi ke dua lokasi, 6 kelas di gedung jurusan Sistem Informasi, 7 kelas di gedung jurusan Teknik Informatika. Sebetulnya acara ini dimulai pada tanggal 26 November, tetapi karena ada kendala pada hari itu acara hanya dilaksanakan selama setengah hari. Acara yang berlangsung adalah games-games dan simulasi total untuk mengetes kemampuan kami sebelum mendapatkan materi-materi. Kemudian pada tanggal 10 Desember kami mulai mendapatkan materi-materi dari para pemandu.

Menurut saya materi yang diberikan memang meningkatkan soft skill kami, namun secara tidak langsung keaktifan kami juga diuji. Hampir setiap saat pemandu tidak menjelaskan materi tersebut secara banyak, justru kamilah yang menelaah sendiri makna dari materi tersebut. Hal ini sangatlah baik karena bisa meningkatkan keaktifan kami dan juga membuat kami lebih mengerti tentang makna dari materi tersebut. Cara pemandu menarik kami agar lebih aktif juga beragam, dan semuanya sangat bagus.
google.com

Selain itu, acara ini juga membuat kami lebih dekat dengan tetangga kami, baik yang dari jurusan Sistem Informasi maupun yang dari jurusan Teknik Informatika. Tidak ada namanya arogansi jurusan, yang ada hanyalah kami merupakan satu fakultas, yaitu FTIf. Yel-yel maupun simulasi total membuat kami lebih dekat dengan yang lain.

Secara keseluruhan menurut saya acara ini sangatlah baik, karena meningkatkan kemampuan para peserta maupun pemandunya. Selain itu juga membuat kami lebih menyatu sebagai satu fakultas, sehingga tidak ada dinding pembeda di antara kami. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar